Pedoman atau manual Standar, Operasional dan Prosedur (SOP) adalah salah satu modal paling penting bagi organisasi untuk mengendalikan seluruh keputusan dan kegiatan yang dilakukannya agar lebih sistematis dan efektif. Semakin besar organisasi, semakin besar pula tuntutan untuk mempunyai perangkat kontrol yang memadai. Aspek operasi harus sama baik dengan aspek administrasi. Semua itu hanya bisa terwujud apabila organisasi memiliki panduan yang jelas tentang pengambilan keputusan dan kegiatannya.
Training penyusunan SOP ini disajikan untuk memenuhi kebutuhan organisasi di lingkungan pemerintah tentang penyusunan prosedur operasional standar yang benar. Banyak organisasi di lingkungan pemerintah yang mengabaikan ini karena dipandang tidak terlalu penting. Tetapi, sejarah organisasi telah membuktikan bahwa organisasi yang mampu bertahan dan terus berkembang adalah yang memiliki pedoman yang jelas dan dipahami secara jelas dan standard oleh anggotanya.
Pelatihan ini memberikan prinsip‐prinsip penyusunan SOP di lingkungan administrasi pemerintah sesuai dengan Permenpan No. 35 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan.
Training ini tidak hanya memuat hal‐hal teknis penyusunan, tetapi juga mencakup latar belakang dan arti penting penyusunan SOP dan juga hambatan‐hambatan yang dihadapi dalam penyusunan SOP yang efektif di lingkungan birokrasi pemerintah.
Karena arti penting dari SOP yang diuraikan di atas dan dalam rangka memenuhi kebutuhan pegawai (SDM) yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam penyusunan prosedur kerja pada masing‐masing satuan kerjanya.

MATERI TRAINING TEKNIK MENYUSUN SOP ( Standar Operasional Prosedur )
– Dasar‐dasar Organisasi dan Birokrasi Pemerintah;
– Dasar‐dasar Business Process dan SOP di Lingkungan Birokrasi Pemerintah;
– Hubungan antara Business Process, SOP dan Unsur‐unsur Perangkat Unit Organisasi;
– Metode Penyusunan Business Process dan SOP di Lingkungan Birokrasi Pemerintah;
– Metode Penyusunan SOP pada masing‐ masing Unit Kerja di Lingkungan Birokrasi Pemerintah;
– Studi Kasus Desain Penyusunan Business Process dan SOP di Lingkungan Birokrasi Pemerintah;
– Studi Kasus Penyusunan SOP pada masing‐masing  Unit Kerja di Lingkungan Birokrasi Pemerintah.

PESERTA TRAINING
Semua level karyawan di semua jenis organisasi yang berminat untuk memahami penyusunan dan pembuatan SOP yang tepat bagi organisasinya masing-masing

INSTRUKTUR
Dr. Ir. Jamaludin Harahap, M.Si & Tim

Jamalludin adalah  Senior  Consultant  pada  Integra Edutrama Management Consultant (IEMC),  sampai saat ini yang bersangkutan tercatat sebagai Management Advisor Global Group ( 2007 – sekarang ),  Associate Consultant di PQM Consultant ( 2004 – sekarang ) dan  di Bexpert Indoprima ( 2008 -sekarang) , serta  dosen di beberapa perguruan tinggi seperti  di UNISMA Bekasi ( 2007 – sekarang ) dan STIE Nusantara ( 2008 – sekarang).   Ia memiliki pengalaman dan keahlian dalam bidang Operation Management, Strategic Management   dan Human Resources Management .   Training dan konsultasi yang sering ditangani antara lain dalam bidang  Sistem manajemen Mutu (ISO 9001, ISO 9004, Malcolm Baldrig MS),  Sistem Manajemen Lingkungan (ISO 14000), Sistem Manajemen K3 (OHSAS 18001) ,  Integrated  QSE Management, Management 5 S, Mapping Business Process, Policy Management, Policy Deployment, Balance Scorecard,  Total Quality Management,  Handling Customer Complaint, Measurement Customer satisfaction, Measurement Employe Satisfaction, Competency Based on ISO Standart, Managing Training Fungtion,  Supervisory Management, Performance Appraisal, Job Analisist, Training Effectiveness Evaluation & Measure ROI Training  dan  Problem Solving & Decision Making.

Pengalaman kerja sebelumnya antara lain  sebagai Staf Ahli bidang Pengembangan Managemen Mutu PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk , konsultan pada PQM Consultant, Coordinator QSE Management System PT Nusantara Plywood dan Assisten Manager Quality Control / Research & Development  pada PT.  Nusantara  Plywood.

Pendidikan formal yang pernah diikuti antara lain : Sarjana Strata Satu (S1) Institut Pertanian Bogor (IPB)  jurusan Teknologi Hasil Hutan, Sarjana Strata Satu (S1) Ekonomi UNTAG 45 Surabaya jurusan Manajemen dan Sarjana Strata Dua (S2)  Ilmu Manajemen Universitas Airlangga ( UNAIR ) Surabaya  dan pada  saat  ini  yang bersangkutan  sedang  menyelesaikan disertasi program Doktor ( S3) di Universitas Indonesia ( UI ) dengan mengambil jurusan Ilmu Administrasi Bisnis.
Pendidikan non formal yang pernah diikuti berupa pelatihan-pelatihan dan atau seminar antara lain adalah : Fundamental Leadership, Managing Subordinates’s Working , Statistical Process Control  , Highly Effective People in Organization , Training of The Trainers , Creative Training For The Trainers , Sistem Pengupahan Yang  Effective , Interpretasi Persyaratan ISO 9000 : 2000 , Internal Audit Based on ISO 9011 : 2002, Lead Auditor ISO 9000 ,  Pemahaman dan Dokumentasi SML ISO 14 000 , Seminar ‘Perubahan SML ISO 14001 dan Perkembangan Standar Seri ISO 14000 lainnya’, Lead Auditor ISO 14000 , Peningkatan fungsi P2K3 ,  Teknis Penerapan SMK3 , Auditor SMK 3 ,   Ahli K3 , Documentation OHSAS 18001, Lead Auditor OHSAS 18001, Vendor Evaluation , Enviro Quality Man.System Integration, Performance Management, Training Evaluation Effectiveness, Measurement Customer Satisfaction, Skill for Service Excellence,  Customer Behaviour, Measurement Employe Satisfaction, Job Analysis, 7 Habit, EQ leadership, NLP ( Neuro Linguistic Programe),  Effective communication, Implementing 5 S in the Office, Implementing 5 S in the Factory,  Balance Scorecard, Successful Project Management  dan  Problem Solving and Decision Making .

Perusahaan atau organisasi  yang pernah dibantu selama ini  antara lain : PT. Garuda Indawa (Sepatu Eagel), PT. Argha Karya Prima Industries (Plastic Industries), PT. Wijaya Kusuma Kontraktor (General Contractor), PT. Total Bangun Persada (General Contractor), PT. Waskita Karya (General Contractor), PT. Bangun Cipta Kontraktor  (General Contractor), PT. Jaga Citra Inti (ME Contractor), PT Sumicon Utama (General Contractor), PT. SMT Indonesia (Industri Komponen Electronic), PT KIIC (Pengelolaan Kawasan Industri), Puri KIIC (Service Apartment), PT. Indominco ( Coal Mining), PT. Aneka Tambang (Nikel Mining), PT. Tambang Timah Unit Kundur (Tin Mining), PT. Perusahaan Gas Negara (Persero ) Tbk ( Transmisi dan distribusi gas), PT. Nusantara Plywood (Integrated Woodworking Industries), PT. Artika Optima Inti (Integrated Woodworking Industries), PT. Rekayasa Industri (Industrial Contractor), PT. GT Kabel (Cabel Industries) , PT. Indosat (Telecomunication), PT. Samudera Indonesia  Tbk ( Maritime Services), Asuransi John Hancock (Pelayanan Asuransi), PT. Takari Sumber Mulia (Rent Car service), PT. H&M / PT. Winner Tex (Tekstil), PT. PNM (Pengelolaan Modal Ventura), Bank Indonesia Batam, PDAM Kab. Tangerang, PT. Ogawa Indonesia (Flavor dan Fragrance) ,  PT. Asahimas Flat Glass Sidoarjo ( Glass Manufacturing), Sekolah TInggi Ilmu Pelayaran,  STEM Migas Cepu, PT. Yamaha Indonesia Motor MFG (Yamaha Motor), PT. Pardic Jaya Chemicals, Banpu Indonesia (Holding Company) , PT Smart Tbk (Agro Industries), PT Luxindo Internusa ( Feed Mill),  PT Universal Agribisnisindo ( Feed Mill),   PT Danone Indonesia ( soft drink manufacture ), PT PJB Cirata,   dan lain-lain.

WAKTU & TEMPAT
Tanggal        : 19 sd 21 April 2016
Waktu          : 08.00 – 16.00 WIB
Tempat        : The 101 Tugu Hotel, Yogyakarta

FASILITAS
1.Training Module
2.Training CD contains training material
3.Certificate
4.Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5.Jacket or waistcoat or T-Shirt
6.Bag or backpackers
7.Training Photo
8.Training room with full AC facilities and multimedia
9.Once lunch and twice coffeebreak every day of training
10.Qualified instructor

INFORMASI TRAINING TEKNIK MENYUSUN SOP ( Standar Operasional Prosedur ) 
Bexpert Indoconsult
Jl.Parangtritis,Prancakdukuh,Panggungharjo,Sewon,Bantul 55188, Yogyakarta
Phone  : 0274 – 4531082
Fax    : 0274 – 4531082
Email  : ryan@bexpertindoconsult.com
Web    : http://www.bexpertindoconsult.com
CP     : FAJAR ( 087 839 890 326)/(08532 888 3511)